Cara Mudah Mengenali Ketebalan Bajaringan

Sabtu, 22 Juli 2017

Bagi anda yang ingin memasang rangka Baja Ringan pasti mencari tahu ketebalan yang pas untuk atap rumah anda. Secara teknik sebenarnya ada perhitungan tersendiri untuk menghitung pemakaian ketebalan Baja Ringan . Namun untuk mempermudah dan memastikan keamanan maka kebanyakan aplikator memakai ketebalan 0.75mm, dan bajaringan pun menjadi idenntik dengan ketebalan 0.75mm.

Karena profil C pada bajaringan juga 75Cm, hal ini dimanfaatkan sebagian orang untuk mengecoh konsumen dengan memasang tulisan "Bajaringan C75". Padahal yang dimaksud adalah profil C75, sedangkan ketebalannya bisa 0.6 atau 0.7. Untuk meminimalisir kekeliruan itu, produsen Baja Ringan membuat tulisan stampel C75.75 / C75 075 pada samping sebelah merek bajaringan. Pastikan tulisan tersebut ada. Kalau hanya ada tulisan C75 kemungkinan Baja Ringan tersebut adalah 0.65 atau 0.70. Jangan lupa pastikan juga ada logo SNI nya. Walaupun tulisan tersebut dapat dimanipulasi namun paling tidak kita dapat meminimalisirnya.

Jika anda masih kurang yakin, masih ada cara jitu untuk menentukan ketebalan. Karena sejatinya harga besi ditentukan oleh berat, maka tidak ada salahnya untuk menimbang per batang bajaringan. Cara menimbangnya pun cukup mudah, tinggal pegang bajaringan tepat di tengah, dan letakkan di atas timbangan kecil. Berat bajaringan yang ukuran 0.75 >5kg, rata-rata 5.1 sd 5.2Kg (ukuran panjang 6m) . Jadi kalau menemukan 0.75 dibawah 5Kg dipastikan ketebalannya bukan 0.75. Untuk melihat lebih lengkapnya dapat dilihat pada tabel di link berikut Berat Baja Ringan .